NASIONAL

Survei, 77,2 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

""Approval rating pak Jokowi ternyata masih di atas 77 persen. Ini merupakan satu angka yang cukup besar," "

Shafira Aurel

Survei kepuasan kinerja Jokowi
Ilustrasi: Presiden Jokowi menjadi kiper pada pertandingan persahabatan di Lapangan Kompi Bantuan, Kota Gorontalo, Minggu (21/04/24). (Antara/Adiwinata Solihin)

KBR, Jakarta- Hasil   survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan sebanyak 77,2 persen masyarakat Indonesia puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan ada empat faktor utama yang mempengaruhi kepuasan masyarakat, Yakni sikap Jokowi yang kerap memberikan bantuan kepada rakyat kecil, kinerja yang bagus, infrastruktur, dan sikap merakyat.

Burhan menyebut meski banyak isu miring yang menimpa Jokowi, namun kepuasan masyarakat tetap tinggi.

"Nah kalau kita lihat meskipun sempat turun approval rating president dibanding sebelum pemilu, sebelum pilpres 77,2 persen ini bukan angka yang kecil ya di tengah banyak isu. Mulai dari isu ekonomi, termasuk juga isu politik karena berpisah jalannya antara PDI perjuangan dengan pak Jokowi, approval rating pak Jokowi ternyata masih di atas 77 persen. Ini merupakan satu angka yang cukup besar," ujar Burhanuddin, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (21/4/2024)

Baca juga:

Sebelumnya, kepuasan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo sempat mengalami penurunan. Pada Februari lalu, approval rating Jokowi berada di angka 76 persen.

Survei Indikator dilakukan pada 4-5 April 2024. Dengan total sampel sebanyak 1.201 responden. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Survei menggunakan metode Random Digit Dialing (RDD) sampling dengan margin of error sekitar 2,9 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Rony Sitanggang 

  • approval rating
  • Presiden Jokowi
  • bansos
  • survei
  • Indikator

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!