cihui

Puasa Sebentar Lagi

Puasa Sebentar LagiIlustrasi:kumpulanilmu2
 
 

Satu, dua, tiga, empat, lima… waa, puasa sebentar lagi tinggal menghitung hari nih. Kalau Kementerian Agama memprediksi awal bulan puasa tahun ini akan jatuh pada 10 Juli mendatang.

Prediksi itu berdasarkan perhitungan rukyat dan hisab yang akan disempurnakan pada sidang istbat Senin pekan depan.
Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar bilang, perbedaan perhitungan antara pemerintah dan Muhammadiyah tidak akan menjadi masalah dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

“Sehingga dengan demikian akan disempurnakan syaban itu genap 30 hari dengan demikian insya Alloh bisa diprediksi tanggal 1 Ramadhan nanti jatuh pada 10 Juli. Meskipun demikian ada Mahzab hisab dari Muhammadiyah akan tetap berpuasa pada tanggal 9,” ujar Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar di Gedung Wakil Presiden, Jumat (4/7)

Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar juga bilang, Kementerian Agama tetap mengundang seluruh ormas Islam, Muhammdiyah dan NU untuk memberikan keputusan kepada masyarakat soal dimulainya bulan Ramadhan.

Sebelumnya, Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadhan 1434 Hijriah tanggal 9 Juli 2013 Masehi.
Hal ini berdasarkan perhitungan hisab wujudul hilal dan hasil musyawarah Majelis Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sementara hari raya lebaran jatuh pada 8 agustus 2013.

Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ellyas menjelaskan, awal puasa tahun ini berpotensi berbeda dengan hitungan pemerintah, namun diharapkan perbedaan tersebut tidak akan mempengaruhi masyarakat.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA