cihui

Astronom Tak Sengaja Temukan Satelit Baru Neptunus

Astronom Tak Sengaja Temukan Satelit Baru NeptunusS/2004 N1, bulan baru Neptunus. (Foto: Nasa.gov)
 
 

Buka foto-foto lama memang menyenangkan, kita jadi teringat kenangan masa lalu. Kadang bisa bikin kita tersenyum. Betul bukan Sobat Teen? Astronom Amerika Mark Showalter juga lagi melihat-lihat foto lama, dan aha! Ia menemukan sesuatu yang bisa membuatnya tersenyum.


Mark Showalter tengah mempelajari cincin-cincin Neptunus saat menemukan sebuah satelit baru yang mengeliligi planet itu. Saat melihat-lihat 150 buah foto-foto lama  yang dipotret dengan teleskop Hubble dari tahun 2004 sampai 2009, ia melihat sebuah bintik putih. Dan bintik itu muncul berkali-kali.  Ia berkesimpulan, bintik itu adalah sebuah planet satelit yang ikut mengelilingi Neptunus.


Bulan baru itu diberi nama S/2004 N1.  Lembaga Antariksa Amerika Serikat  atau NASA mengatakan, kalau "bulan" ini 100 juta kali lebih gelap dibanding bintang paling redup yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Bulan ini juga sangat kecil, sehingga mesin luar angkasa Voyagers tidak dapat melihatnya saat mempelajari Neptunus di tahun 1989. (BBC, NASA)


Editor: Vivi Zabkie



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA