cihui

Kabut Asap Ganggu Tahapan Pemilu 2014 di Riau

Kabut Asap Ganggu Tahapan Pemilu 2014 di RiauIlustrasi: Kabut asap ganggu kegiatan warga Riau (Foto: Antara)
 
 

KBR68H, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum KPU Riau menyatakan sejumlah tahapan pemilu di sana terganggu akibat kabut asap. Ketua KPU Riau Nurhamin mengatakan tahapan yang terganggu adalah proses pendataan pemilih khusus. Pendataan ini akan dilakukan hingga Maret mendatang. “Tahapan daftar pemilih khusus itu sampai tanggal 1-5 Maret itu akan dimasukkan dalam komputer. Itu nanti dimasukkan dalam sistem. Di TPS kita di desa juga saya kira ada pengaruhnya," jelas Nurhamin saat dihubungi KBR68H.

Menurut dia, jika kabut asap berlangsung lama, tahapan Pemilu 2014 yang akan dilaksanakan seperti persiapan logistik juga akan terganggu. "Saya melihat kondisi ini kalau berlangsung beberapa hari, terutama yang terkait dengan terjun di lapangan akan sangat mengganggu aktivitas tahapan pemilu,” tukasnya.

Ketua KPU Riau Nurhamin menambahkan saat ini juga tengah berlangsung uji kelayakan anggota KPU kabupaten/kota di sana. Dia khawatir kabut asap akan mengganggu kesehatan calon dan juga komisioner KPU.

Kabut asap di Riau makin pekat akibat meluasnya area lahan yang terbakar di sana. Bahkan aktivitas penerbangan mulai terganggu. Sementara polisi sudah memeriksa dan menahan sejumlah orang karena aksi pembakaran lahan ini. ( Baca: Pemerintah Tak Tegas, Kabut Asap Terus Terjadi )


Editor: Irvan Imamsyah



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA