Berita Luar Negeri

Puluhan Turis yang Terjebak di Bongkahan Es di Kutub Utara Menunggu Dievakuasi
Written By : Aisyah Khairunnisa | 26 June 2013 | 12:27

KBR68H - Puluhan turis yang terjebak di antara bongkahan es di perairan dekat Teluk Kutub Utara, Kanada baru akan diselamatkan Rabu pagi waktu setempat. Kepolisian mengatakan, lokasi yang cukup jauh dan ekstrem menyebabkan helikopter penyelamat membutuhkan waktu cukup lama.

“Hercules dari Kota Winnipeg, Kanada sudah menemukan lokasi para turis terjebak dan sudah menurunkan beberapa kotak penyelamat,” kata Maj. Steve Neta dari Royal Canadian Air Force kepada CBC News.

Kotak darurat ini berisi rakit dan beberapa peralatan bertahan hidup lainnya (survival kits). Helikopter penyelamat yang akan mengangkut seluruh turis harus menempuh jarak yang cukup jauh. Mereka diperkirakan akan sampai pada Rabu pagi waktu setempat.

Seperti dilansir Associated Press, 20 orang turis dan pemandu wisata terjebak di kepungan es sejak Senin malam. Mereka berada 50 kilometer dari Pulau Baffin, Kanada. Namun terus terbawa menjauh hingga Royal Canadian Mounted Police mendengar kabar pada Selasa pagi pukul 07.00 waktu setempat.

Ketika dihubungi CNN pada Selasa malam, perusahaan tur Canadian-based Arctic Kingdom Polar Expedition menolak untuk berkomentar.

Ada dua grup yang terjebak di antara bongkahan es yang mengapung di Teluk Kutub. Noire Iqalukjuak, koordinator penyelamat di Teluk Kutub mengatakan, selain para turis, ada sebelas orang pemburu yang terjebak di lokasi berbeda. Mereka lebih dekat dengan daratan dan memutuskan untuk menerobos bongkahan es. Kini para pemburu ini sudah berada di daratan, 60 kilometer arah timur Teluk Kutub Utara. (CNN/AP)

Editor: Doddy Rosadi

Share : Facebook | Twitter | Mail