cihui

Suhu Panas Landa Cina, 10 Orang Tewas

Suhu Panas Landa Cina, 10 Orang TewasIlustrasi
 
 

KBR68H, Washington - Gelombang panas yang memecahkan rekor di sebagian besar Cina dan menelan beberapa korban jiwa serta memicu pihak berwenang Cina untuk  mengeluarkan peringatan darurat soal suhu.

Kantor berita resmi Cina Xinhua mengatakan para pejabat lokal melaporkan 10 korban tewas akibat suhu yang sangat panas di Shanghai, dimana suhu mencapai lebih dari 38 derajat Celsius selama sembilan hari berturut-turut.  Para pejabat mengatakan bulan Juli ini adalah yang terpanas di Shanghai dalam 140 tahun.

Untuk pertama kalinya Badan Meteorologi Cina telah mengeluarkan tanggapan darurat tahap dua dan mengingatkan warga untuk membatasi aktivitas di luar rumah dan memastikan mereka memiliki akses ke pendingin udara di dalam rumah.

Peringatan suhu panas ini diberlakukan di sembilan propinsi di seluruh Cina selatan dan tengah, termasuk Shanghai Chongqing dan Hunan.

Situasi ini diperkirakan tidak akan segera pulih, dimana para peramal cuaca mengingatkan bahwa suhu di beberapa daerah di Sungai Yangtze bagian selatan minggu depan bisa mencapai di atas 35 derajat Celsius. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA