cihui

Pengusaha Ingin Inggris Tetap Anggota Uni Eropa

Pengusaha Ingin Inggris Tetap Anggota Uni EropaUni Eropa (commons.wikimedia)
 
 

KBR68H - Para pengusaha besar di Inggris terus berusaha agar negara itu tetap menjadi anggota Uni Eropa. Para pengusaha besar yang tergabung dalam Konfederasi Industri Inggris CBI hari ini menggelar konferensi nasional, diantaranya membahas nasib Inggris di Uni Eropa.

Petinggi Konfederasi Industri Inggris John Cridland mengatakan berdasarkan jajak pendapat, lebih dari 78 persen pengusaha memilih Inggris bertahan di Uni Eropa. Sedangkan sekitar 10 persen menginginkan negara itu meninggalkan Uni Eropa. Sejauh ini banyak kalangan di Inggris kecewa terhadap manfaat Inggris bergabung dengan Uni Eropa.

Apalagi Inggris tidak menanda tangani perjanjian Schengen. Namun Uni Eropa justru memperingatkan Inggris akan kehilangan manfaat dari sejumlah perjanjian dagang. Data dari Konfederasi Industri Inggris menyebutkan, keanggotaan di Uni Eropa memberikan akses pasar bagi Inggris terhadap lebih dari 500 juta warga di Uni Eropa.

Perdana Menteri Inggris David Cameron berencana menggelar referendum nasional pada tahun 2017 mendatang, apakah Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa atau keluar dari keanggotaan komunitas itu. (AFP)


Editor: Suryawijayanti  



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA