cihui

Daftar Caleg Sementara Demokrat Diambil Alih Majelis Tinggi Partai

Daftar Caleg Sementara Demokrat Diambil Alih Majelis Tinggi Partai Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin. (Foto: Antara)
 
 

KBR68H, Jakarta - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menyatakan Daftar Calon Sementara (DCS) Partai Demokrat untuk legislatif pada Pemilu 2014 ditangani Majelis Tinggi Partai. Menurut Amir, hal ini diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumahtangga (AD/ART) Partai Demokrat. Langkah ini dilakukan lantaran kondisi partai sedang mengalami kekosongan kepemimpinan.

“Sepanjang hal-hal yang tidak diatur di dalam undang-undang partai politik, tentu KPU mempunyai kewenangan untuk mengaturnya. Saya yakin benar bahwa KPU sebagai lembaga pemilihan umum tentu memperhatikan hal-hal seperti ini. Sebetulnya tidaklah kosong sekali. Kita didalam anggaran dasar kita sudah jelas mengatur secara eksplisit kewenangan majelis tinggi di dalam hal menunjuk gubernur, wakil gubernur, calon presiden, wakil presiden dan calon anggota DPR,”jelasnya.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menambahkan, pihaknya akan memberitahukan Daftar Calon Sementara (DCS) legislatif kepada Kementerian Hukum dan HAM. Langkah ini diklaim Partai Demokrat sebagai solusi untuk memenuhi persyaratan tentang kewajiban tanda tangan ketua umum dan Sekjen Partai dalam DCS. Pasca mundurnya Anas Urbaningrum dari jabatan ketua umum Partai Demokrat memicu debat tentang bagaimana Partai ini akan mengisi DCS. Pasalnya, UU mensyaratkan tanda tangan ketua umum dan sekjen untuk pendaftaran caleg yang diajukan pada pemilu 2014.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA