cihui

PLN Tolak Kaji Ulang Kenaikan TDL

PLN Tolak Kaji Ulang Kenaikan TDLDemo Tolak Kenaikan TDL, Foto: Antara
 
 

KBR68H, Jakarta – Perusahaan Listrik Negara (PLN) enggan memenuhi keinginan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) untuk mengkaji ulang terkait kenaikkan tarif dasar listrik per 1 April besok. Kenaikan kali ini adalah tahap kedua setelah sebelumnya kenaikan TDL terjadi di awal tahun ini. Juru Bicara PLN Irwan Darwin mengklaim kenaikkan bertahap tarif dasar pada tahun 2013 ini sudah disepakati sebelumnya oleh semua pihak, termasuk Apindo.

“Mulai 1 April besok itu kenaikkan Tarif Dasar Listrik tahap kedua. Sebagaimana yang kita ketahui untuk TDL tahun 2013 ini kenaikkannya secara bertahap, tahap pertama, periode Januari sampai dengan Maret, kemudian tahap kedua adalah April sampai dengan Juni. Komunikasi dengan para pihak sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari dan pada prinsipnya memang kenaikkan ini adalah pemerintah yang inginkan menurunkan subsidi untuk tenaga listrik” Kata Irwan Darwin kepada KBR68H saat dihubungi

 Sebelumnya APINDO terus meminta pemerintah mengkaji besaran kenaikkan TDL yang akan dilaksanakan pada 1 April besok. Ketua Apindo Sofyan Wanandi mengatakan, hal itu perlu dilakukan karena dunia usaha diprediksi akan merugi. Kata dia, kenaikkan TDL akan membuat industri membebankan harga ke konsumen yang berakibat pada mahalnya harga barang lokal. Dia juga yakin kebijakan ini akan mematikan daya saing industri. Produk industri lokal pasti akan kalah dengan produk industri luar, yang harganya lebih murah.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA