cihui

Janji Rp 40 Milliar Untuk Bekas Presiden PKS

Janji Rp 40 Milliar Untuk Bekas Presiden PKS Bekas Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. (Foto:Antara)
 
 

KBR68H, Jakarta - Direktur Utama PT. Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman menjanjikan tersangka suap kuota impor daging sapi, Luthi Hasan Ishaq sebesar Rp 40 miliar. Uang itu dijanjikan agar Menteri Pertanian, Suswono menambah kuota impor sebesar 8 ribu ton tahun ini.

Jaksa Penuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Suryani Eli mengatakan, pemberian itu dijanjikan Maria Elizabeth usai bertemua Menteri Suswono, Lutfhi Hasa Ishaaq dan Ahmad Fathanah.

“Selanjutnya pada saat berada di Bandara Polonia Medan, ketika akan kembali ke Jakarta, Maria Elizabeth Liman kembali menegaskan kembali komitmennya kepada Ahmad Fatanah, bahwa apabila penambahan kuota daging sapi tahun 2013 dari Grup PT. Indoguna Utama disetujui oleh Kementerian Pertanian Indonesia disetujui, maka ia akan memberikan fee sebesar RP 5 ribu perkilogram kepada Ahmad Fathanah, dan dijawab dengan Ahmad Fatanah, kita lihat saja nanti,” ujar Suryani saat membacakan dakwaan untuk terdakwa Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi di Pengadilan Tipikor.

Sebelumnya, KPK menetapkan Maria Elizabeth Liman (MEL) sebagai tersangka baru kasus dugaan suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Maria Elizabeth Liman adalah direktur PT. Indoguna Utama, perusahaan yang diduga melakukan suap kepada bekas Presiden PKS, Lutfi Hasan Ishaaq.

Sebelum kasus ini mencuat, Maria Elizabeth dikabarkan pernah bertemu dengan Menteri Pertanian Suswono, Lutfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fatanah di Medan pada Januari lalu . Pertemuan itu diduga membahas tentang penambahan kuota impor daging sapi.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA