cihui

Protes Monopoli Pelindo, Ribuan Perusahaan Swasta Pelabuhan Ancam Mogok

Protes Monopoli Pelindo, Ribuan Perusahaan Swasta Pelabuhan Ancam Mogok Ilustrasi: (Antara Foto)
 
 

KBR68H, Jakarta  - Delapan asosiasi pengusaha swasta di pelabuhan mengirim surat protes ke Presiden untuk mengadukan PT Pelindo II yang dinilai memonopoli beragam bisnis pelabuhan. Surat tersebut rencananya bakal dilayangkan pekan ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Pelabuhan Angsupel Gemilang Tarigan mengatakan, ribuan perusahaan yang tergabung dalam delapan asosiasi pengusaha swasta di pelabuhan dipastikan mogok awal Juni mendatang. Mereka akan berkumpul di Pelabuhan Tanjung Priuk, serta sejumlah pelabuhan yang berada di bawah regulasi Pelindo II.

“Resikonya kan cukup besar ini. Jadi bisa terjadi PHK massal nanti kalau kita tidak bisa mempertahankan usaha kita. Sekarang kami lagi menyurati presiden, supaya bapak Presiden melihat kebijakan yang dilakukan Pelindo ini mematikan usaha,” ujar Gemilang saat dihubungi KBR68H.

Ketua Angsuspel Gemilang Tarigan mengklaim, seratusan lebih perusahaan bongkar muat di Pelabuhan sudah tutup akibat monopoli Pelindo. Perusahaan lain seperti angkutan khusus pelabuhan, kata dia, juga terancam tutup jika Pelindo terus mengembangkan usaha serupa.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA