cihui

Indeks Korupsi Indonesia Anjlok

Indeks Korupsi Indonesia AnjlokIlustrasi
 
 

KBR68H, Jakarta - Lembaga Transparansi Internasional (TI) menempatkan Indonesia di posisi 118 dari 176 sebagai negara terkorup dunia. Posisi tersebut melorot dari peringkat Indonesia sebelumnya yang menempati posisi 100.

Sekjen Transparansi Internasional Indonesia (TII), Dadang Tri Sasongko mengatakan, angka itu menunjukan kalau Indonesia masih berada di pusaran korupsi yang sistemik. Di kawasan ASEAN, Indonesia masih berada di bawah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand dan Filipina.

"Sekarang posisi kita 118 di antara 171 negara. Dan skor kita 32, ada perubahan metodologi. Posisi Indonesia sekarang di skor 32 itu menunjukan bahwa Indonesia masih berada atau masih terjebak dalam situasi korupsi yang sistemik dan mengakar," ujar Sekjen Transparansi Internasional Indonesia (TII), Dadang Tri Sasongko dalam program Sarapan Pagi KBR68H, Senin (27/5).

Negara Asia Tenggara lainnya yang senasib dengan Indonesia dan berada di bawah peringkat bawah adalah, Vietnam dengan skor 31. Vietnam saat ini berada di peringkat 123 dunia. Selain itu, Burma  memperoleh skor 15 di peringkat 172.

Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA