cihui

Kemenpan-RB: Pemecatan Pemukul Pramugari Perlu Proses Panjang

Kemenpan-RB: Pemecatan Pemukul Pramugari Perlu Proses PanjangIlustrasi PNS: Antara Foto
 
 

KBR68H, Jakarta - Kepala Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Bangka Belitung, Zakaria Umar Hadi tak bisa segera dipecat dari jabatannya. Sebelumnya Zakaria melakukan kekerasan fisik terhadap Pramugari Sriwijaya Air, Nur Febriana karena ditegur untuk mematikan ponsel saat pesawat akan terbang.

Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Muhammad Immanudin mengatakan, pemecatan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) perlu waktu panjang. Sebab kata dia, PNS juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pembelaan dan banding terkait hukuman yang diberikan melalui Badan Pertimbangan Kepegawaian.

“Tetapi itu juga tidak serta merta yang bersangkutan juga bisa banding, artinya PNS yang bersangkutan bisa banding sehingga keputusan final dari penjatuhan hukuman disiplin itu terletak di Bapeg (Badan Pertimbangan Kepegawaian), itu memang prosesnya panjang. Tidak, tidak tahunan,kita bersidang periodic di Bapeg tiga bulan sekali, tidak lama,” kata Juru bicara Kemenpan RB Muhammad Immanudin saat dihubungi KBR68H.

Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Muhammad Imanuddin menambahkan, hukuman bagi PNS merupakan kewenangan di lembaga bersangkutan. Kata dia, lembaga itu bisa memberikan penilaian dan rekomendasi pemecatan bagi PNS yang terkena masalah hukum.

Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA