Berita Nasional

KPU Pusat Belajar Soal Hitung Cepat dari KPU Meksiko
Written By : Wiwik Ermawatie | 03 July 2013 | 08:31

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum berencana akan menyajikan hasil hitung cepat dan akurat tentang hasil sementara perolehan suara setiap konstestan pada masyarakat saat pemilu 2014 mendatang. Untuk persiapan itu, KPU akan belajar dari Instito Federal de Electoral (IFe) atau KPU Meksiko.
 
Anggota KPU Hadar Navis Gumay mengatakan, komisioner dan unit kerja di KPU perlu menambah pengetahuan mengenai sistem perhitungan rekapitulasi dan publikasi hasil pemilu.

"Tahun depan, April tanggal 9 akan ada pemungutan suara, kita harus menyiapakan setelah dari TPS sampai kemudian PPS kemudian PPK dan seterusnya. Itu harus ada cara yang efektif dan efesien, sehingga kita semua bisa mendapat hasil yang cepat dan akurat. Melalui kegiatan ini kita bisa menangkap pengalaman-pengalaman, ide-ide dari negara lain khususnya Meksiko, yang memang menjadi parter kami," kata Hadar di Hotel Borubudur, Selasa (2/7)

Anggota KPU Hadar Navis Gumay menambahkan,kerjasama ini dilakukan sebab Meksiko telah berhasil menyelenggarakan pemilu dengan sistem yang adil dan transparan. Sementara, selain bekerjasama dengan Meksiko, KPU juga menggelar diskusi dengan beberapa pejabat KPU negara ASEAN seperti Thailand. Diskusi membahas penyelenggaraan pemilu di setiap negara ASEAN.

Editor: Doddy Rosadi

Share : Facebook | Twitter | Mail