cihui

Pemerintah Gelar Pasar Murah Sepanjang Ramadhan

Pemerintah Gelar Pasar Murah Sepanjang RamadhanMenteri Perdagangan Gita Wirjawan (tengah) berbincang dengan pedagang saat sidak pasar di Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (5/6). Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan menjamin stok bahan kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri akan lancar. Foto: Antara
 
 

KBR68H, Jakarta – Pemerintah berencana menggelar pasar murah sepanjang Ramadhan hingga menjelang Lebaran. Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan mengatakan, pasar murah akan dilaksanakan di seluruh provinsi. Di Jakarta, kata dia, pasar murah digelar di kantor Kementerian Perdagangan. Menurut Gita, langkah ini perlu dilakukan untuk meringankan beban masyarakat atas dampak penaikan harga BBM bersubsidi.

“Memfasilitasi penyelenggaran pasar murah di 33 provinsi, baik Jakarta maupun di daerah lainnya terutama di lokasi masyarakat yang berpenghasilan rendah, pra sejahtera. Dimulai dari awal Ramadhan sampai menjelang Lebaran berkoordinasi dengan pemerintah daerah, para distributor, sub distributor dan pengecer bahan pokok setempat. Pasar murah di Kementerian Perdagangan akan mulai digelar pada 5 Juli 2013, Jumat lusa sampai menjelang Idul Fitri 1434 Hijriyah,” jelas Gita di Gedung DPR, Rabu (3/7).

Gita Wirjawan mengklaim, untuk menjaga harga dan kelancaran harga pokok, lembaganya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi. Di antaranya, Kementerian Perhubungan untuk memprioritas angkutan bahan pangan pokok dan barang strategis pada periode H -4 sampai H+1 Lebaran. Kementerian Perdagangan juga meminta pelaku usaha menaikkan harga secara bertahap, pasca penaikkan harga BBM bersubsidi.


Editor: Damar Fery Ardiyan



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA