cihui

Mahfud MD: Putusan Majelis Kehormatan MK Tak Pengaruhi Proses Hukum Akil

Mahfud MD: Putusan Majelis Kehormatan MK Tak Pengaruhi Proses Hukum Akil Bekas Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD
 
 

KBR68H, Jakarta - Anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menegaskan, hasil penyelidikan MKH terhadap Ketua MK, Akil Mochtar tidak akan memengaruhi proses pidana yang saat ini tengah ditangani KPK.

Mahfud mengatakan, putusan yang dibuat MKH hanya berupa teguran, skorsing atau pemecatan. Kata dia, MKH hanya bergerak pada ranah etika hakim.

“Jadi, Majelis Kehormatan itu bisa memberi teguran, bisa menskors, bisa memecat dan sebagainya. Tetapi, jangan diartikan bahwa MK, Majelis Kehormatan itu mengambil alih tugas peradilan pidana, seakan-akan kalau sudah dihukum oleh MK lalu kasus pidananya berhenti, sehingga, ditetapkan Majelis Kehormatan itu hanya untuk menyelamatkan. Tidak bisa, itu dua hal yang berbeda. Jadi, Majelis Kehormatan itu menghukum etikanya, dan tidak pernah berujung pada hukuman penjara, “ tegas Mahfud kepada KBR68H, Jumat (04/10).

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi menunjuk lima anggota Majelis Kehormatan untuk memeriksa Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Akil adalah tersangka suap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Siang ini, kelimanya akan mulai rapat membahas mekanisme pemeriksaan Akil Mochtar. Dari kelima anggota yang ditunjuk dua di antaranya adalah bekas Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD dan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY), Abbas Said.

Editor: Suryawijayanti



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA