cihui

KTT APEC Hasilkan 7 Poin Kesepakatan

KTT APEC Hasilkan 7 Poin KesepakatanIlustrasi
 
 

KBR68H, Nusa Dua - Para pemimpin negara kelompok kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) menyepakati 7 butir kerjasama. Butir APEC itu di antaranya meningkatkan kerjasama guna mencapai Deklarasi Bogor, meningkatkan perdagangan intra-APEC dan mempercepat konektivitas APEC.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan upaya meningkatkan perdagangan, para pemimpin ekonomi APEC juga menyepakati deklarasi yang mendukung sistem perdagangan multilateral dan sepakat untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan konferensi organisasi perdagangan dunia (WTO) pada Desember mendatang di Bali.

“Kita sepakat untuk mempercepat konektivitas APEC, baik fisik, institusional, maupun antar masyarakat. Hal-hal tersebut diwujudkan melalui pengembangan dan investasi di bidang infrastruktur. pandangan bahwa konektivitas dapat membantu mengurangi biaya produksi dan transportasi, memperkuat rantai pasokan regional, dan meningkatkan iklim usaha di daerah,” papar Susilo Bambang Yudhoyono.

Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan butir kesepakatan negara APEC lainnya yang disepakati adalah komitmen untuk mencapai keseimbangan, dan pertumbuhan global yang inklusif dan berkelanjutan. Ada lagi menjaga sumber daya alam yang terbatas dan menjalankan sistem perdagangan bebas dan terbuka. (muliarta)


Editor: Suryawijayanti 



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA