cihui

Turun, Ekspor Impor Indonesia Sepanjang 2013

Turun, Ekspor Impor Indonesia Sepanjang 2013Ilustrasi: sxc.hu
 
 

KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor-impor Indonesia selama 2013 (periode Januari-November) menurun. Tahun lalu nilai ekspor Indonesia turun 5,19 persen dibandingkan 2012 atau sebesar 165 miliar dolar.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, berkurangnya ekspor migas menjadi penyebab turunnya ekspor. Namun, ekspor nonmigas seperti minyak nabati dan produk industri, produk pertambangan dan produk pertanian menjadi penyelamat ekspor Indonesia di tahun ini.

"Komoditi ekspor terbesar kita masih dua kelompok komoditi yaitu bahan bakar mineral 2,65 miliar dolar dan juga lemak minyak nabati sebesar 17,56 miliar dolar. Walaupun uniknya yang besar itu hanya dua saja tapi kita juga mengekspor mesin-mesin dan peralatannya pesawat kemudian kita juga mengekspor barang yang sudah jadi seperti komputer dan printer ya," papar Suryamin saat jumpa pers, Kamis (2/1).

Kepala BPS Suryamin menambahkan menurunnya nilai ekspor Indonesia juga turut diimbangi dengan nilai impor selama 2013 yang hanya 171 miliar dolar atau 2,8 persen dibanding 2012. Sementara, penyumbang impor terbesar bagi Indonesia masih Cina dan Uni Eropa.

Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA