cihui

Pertamina Larang Agen Jual Tabung Elpiji 3 Kg Baru

Pertamina Larang Agen Jual Tabung Elpiji 3 Kg BaruPekerja menata tabung gas elpiji di salah satu pengecer di Makassar, Sulsel, Jumat (3/1). Kebijakan pemerintah menaikkan harga gas elpiji 12 kg dari Rp. 85.000 menjadi Rp. 130.000, di tingkat pegecer itu membuat masyarakat beralih menggunakan gas elpiji ukuran 3 kg dan kondisi tersebut membuat gas elpiji 3 kg menjadi langka. Foto ANTARA
 
 

KBR68H, Jakarta – PT Pertamina melarang agen elpiji menjual tabung baru ukuran 3 kilogram. Juru bicara Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, pelarangan ini untuk mencegah pengguna elpiji 12 kilogram beralih menggunakan elpiji 3 kilogram. Kata dia, Pertamina sementara ini hanya mengizinkan agen menjual gas isi ulang tabung 3 kilogram.

“Nah yang bisa kita lakukan untuk elpiji 3 kilogram adalah kita punya sistem monitoring. Dia memonitor bagaimana distribusi elpiji 3 kilogram dari mulai agen sampai ke pangkalan. Kalau orang datang yang tadinya dia pakai 12 kilo trus dia mau beli baru tabung 3 kilo dengan isi itu kita tidak perbolehkan, “ jelas Juru bicara Pertamina, Wianda Pusponegoro, Sabtu (04/01).

Awal tahun ini, Pertamina resmi menaikkan harga elpiji 12 kilogram non subsidi, sekira 50 persen. Harga elpiji 12 Kilogram kini menjadi Rp 120 - Rp 130 ribu per tabung. Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kilogram dengan alasan untuk mengurangi angka kerugian Rp 7,7 triliun dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.


Editor: Damar Fery Ardiyan



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA