Berita Nasional

BKPM: Investasi Jepang di Indonesia Paling Besar
Written By : Khusnul Khotimah | 21 January 2014 | 22:58

KBR68h, Jakarta - Jepang tercatat sebagai negara yang paling besar berinvetasi di Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, investasi Jepang meningkat tajam dari 4,4 persen pada 2010 menjadi 16, 5 persen tahun lalu. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar mengatakan investasi Jepang yang terbesar berada pada industri otomotif dan elektronik.

“Nah ini Jepang kita lihat 4,7 Milliar Dolar, Singapura 4, 67 Miliar Dolar tapi karena dibulatkan jadi sama-sama 4,7. Baru berikutnya Amerika, Korea dan Inggris. Singapura relatif turun, tapi kita tahu bahwa Singapura pun sebenarnya tidak semuanya asli berasal dari Singapura, tetapi banyak juga merupakan perusahaan yang berdomisili di Singapura tetapi berasal dari negara lain, “ kata Mahendra Siregar dalam keterangan pers soal realisasi investasi Triwulan keempat 2013.

BKPM mencatat total penanaman modal yang terlaksana tahun lalu mencapai Rp 398 triliun. Jumlah itu berarti melampaui dari yang ditargetkan pemerintah, yakni sebesar Rp 390an triliun.

Editor: Damar Fery Ardiyan

Share : Facebook | Twitter | Mail