NASIONAL

Koalisi Gemuk Prabowo-Gibran dan Wacana Penambahan Kursi Menteri

"Mungkin nanti kalau saya lihat bisa jadi formasi kabinet dari partai 60 persen."

Ardhi Ridwansyah, Astri Yuanasari

Prabowo Temui Megawati
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat perdana Capres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

KBR, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto ditengarai bakal menambah jumlah kementerian dari 34 menjadi 41. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman tak memungkiri akan ada penambahan kursi menteri.

Dia berdalih, makin banyak jumlah kementerian akan makin baik bagi pemerintahan dan pelayanan publik. Sebab kata dia, Indonesia merupakan negara besar.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan tak mau ikut campur urusan penyusunan kabinet di pemerintahan presiden mendatang.

"Kalau kabinet yang akan datang ditanyakan dong kepada presiden terpilih, tanyakan kepada presiden terpilih," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa (7/5/2024).

Jokowi juga mengaku tidak diminta masukan soal jumlah kementerian untuk pemerintahan yang akan datang.

"Nggak tanya ke saya kok, nggak bertanya," kata dia.

Koalisi Gemuk

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan koalisi gemuk Prabowo-Gibran bakal berpengaruh pada penyusunan kabinet.

Ujang memperkirakan bakal ada bagi-bagi kursi menteri bagi partai politik pengusung dan pendukung. Dia meyakini komposisi kabinet di pemerintahan selanjutnya bakal didominasi orang partai politik ketimbang profesional.

"Ketika kekuatan koalisi itu dibangun berdasarkan pada kekuatan partai, maka penyusunan kabinetnya pun berdampak pada kabinet yang diisi kalangan partai. Mungkin nanti kalau saya lihat bisa jadi formasi kabinet dari partai 60 persen, kalangan profesionalnya 40 persen. Idealnya sih 50-50," ucap Ujang kepada KBR, Selasa (7/5/2024).

Pasangan Prabowo-Gibran didukung partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, serta beberapa partai non-parlemen di antaranya Partai Bulan Bintang, Gelora, dan Garuda. Belakangan, PKB dan Nasdem yang dulu menjadi lawan di Pilpres 2024, berbalik arah merapat ke Prabowo.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

  • presiden terpilih prabowo subianto
  • #kabar pemilu KBR
  • Prabowo-Gibran

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!