NASIONAL

Pemerintah Diminta Capai Nihil Kecelakaan Saat Momen Libur Hari Raya

"pemerintah harus mencapai target nihil angka kecelakaan pada setiap periode mudik hari besar keagamaan."

Hoirunnisa

kecelakaan
Bangkai kendaraan pascakecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58, Puwakarta, Jabar, Senin (8/4/2024) (FOTO: ANTARA/Bayu Pratama)

KBR, Jakarta- Kalangan anggota parlemen mendorong pemerintah membenahi strategi penyelenggaraan arus mudik dan balik IdulFitri 2024.

Anggota komisi bidang transportasi DPR RI, Novita Wijayanti menyoroti, meski angka kecelakaan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, evaluasi tetap harus dilakukan.

"Informasinya adalah mudik yang tertinggi karena hampir mayoritas masyarakat pulang kampung mudik dalam Lebaran. Namun memang kondisinya masih ada kecelakaan beberapa titik, tetapi informasinya ini adalah angkanya menurun daripada tahun lalu. Walaupun banyak sekali masih ada beberapa evaluasi-evaluasi di titik pelabuhan di Merak Bakauheni," ujar Novita dikutip dari TVR Parlemen, Jumat (19/4/2024).

Anggota komisi bidang transportasi, Novita Wijayanti menyebut, pemerintah harus mencapai target nihil angka kecelakaan pada setiap periode mudik hari besar keagamaan.

Baca juga:

Pada kesempatan berbeda, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup posko terpadu angkutan Lebaran tahun 2024 atau 1445 Hijriyah, hari ini. Sebelumnya posko tersebut dibuka pada Rabu (3/4/2024) lalu.

Mengutip situs resmi Kemenhub, berdasarkan hasil survei Mobile Positioning Data (MPD) oleh Telkomsel, jumlah pergerakan masyarakat secara nasional selama periode 3-18 April 2024 adalah sebesar 242,6 juta pergerakan.

Sementara, di wilayah Jabodetabek terdapat sebesar 41,5 juta pergerakan. Kemudian penggunaan angkutan umum juga meningkat dibandingkan tahun 2023, serta lalu lintas jalan yang relatif lancar dengan kecepatan rata-rata kendaraan sekitar 70-75 Km/Jam.

"Pergerakan masyarakat terjadi lonjakan yang cukup signifikan, perjalanan angkutan umum juga meningkat, masih terjadi beberapa hal yang tidak kita inginkan. Meski begitu, angka kecelakaan menurun serta kecepatan kendaraan dapat meningkat, ini adalah hal yang positif," jelas Budi.

Menhub mengeklaim angka kecelakaan turun 20 persen lantaran sejumlah strategi, salah satunya upaya mudik gratis.

Editor: Muthia Kusuma

  • Kecelakaan Lalu Lintas
  • Kemenhub
  • DPR RI
  • Komisi Perhubungan di DPR

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!