NASIONAL

Ukir Sejarah, Menpora Apresiasi Timnas Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

""Timnas Indonesia adalah yang termuda di Piala Asia dan ranking FIFA-nya pun terendah kedua, tapi menunjukkan performa yang sangat baik,""

Hoirunnisa

Timnas
Timnas bersiap melawan wakil Jepang pada pertandingan Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Qatar, Rabu (24/1/2024). (FOTO: ANTARA /Yusran Uccang/nz)

KBR, Jakarta- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi capaian Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berkomitmen untuk terus mendukung transformasi dan peningkatan prestasi sepakbola tanah air. 

"⁠Kita bangga dan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi federasi, pelatih, official, dan pemain yang telah mencetak sejarah dengan keberhasilan menembus babak 16 besar Piala Asia untuk kali pertama. Tak lupa peran suporter yang terus mendukung dan mendoakan timnas tanpa henti," ujar Dito Ariotedjo kepada KBR, Jumat (26/1/2024).

Menurut Menpora RI, Dito Ariotedjo capaian timnas ini, patut disyukuri lantaran pemain yang saat ini memperkuat skuad Garuda merupakan tim termuda dengan rangking FIFA terendah kedua. Namun, kondisi itu tidak menghalangi Indonesia masuk ke babak 16 besar.

"⁠Timnas Indonesia adalah yang termuda di Piala Asia dan ranking FIFA-nya pun terendah kedua, tapi menunjukkan performa yang sangat baik," kata Dito.

Baca juga:

Lebih jauh Dito menilai prestasi timnas saat ini menunjukkan perbaikan, dengan capaian lolos ke Piala Asia untuk tiga kelompok umur.

Dito pun mengajak masyarakat untuk mengerahkan dukungannya kepada timnas yang akan berhadapan dengan Australia pada Minggu mendatang. 

red

Dukungan lain yang diberikan oleh Kemenpora yakni mengadakan acara nonton bareng pertandingan Indonesia kontra Australia pada Minggu, 26 Januari 2024 di Kemenpora.

Sebelumnya, timnas mengukir sejarah di Piala Asia dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya. Pasukan Garuda lolos usai jadi peringkat tiga terbaik dengan perolehan tiga poin dari tiga pertandingan yang dimainkan.

Kepastian Indonesia lolos dari fase grup didapat setelah Kirgistan menahan imbang Oman dengan skor 1-1 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis (25/1/2024). Dengan hasil tersebut, posisi Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik tidak dapat disalip oleh Oman yang mengantongi dua poin. Selain Indonesia, tiga negara lain yang lolos dengan peringkat tiga terbaik yaitu Yordania, Palestina dan Suriah.

Editor: Muthia Kusuma

  • Kemenpora
  • Timnas Indonesia
  • Piala Asia 2023
  • 16 Besar Piala Asia
  • Dito Ariotedjo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!