cihui

Timnas U-19: Skuat Hasil Blusukan

Timnas U-19: Skuat Hasil BlusukanSkuat Timnas U-19 saat berlaga di ajang Piala AFF U-19 di Sidoarjo, Jawa Timur lalu (Foto: Antara)

KBR68H - Prestasi yang ditorehkan Timnas yunior saat meraih Piala AFF U-19 lalu  tidak lepas dari tangan dingin pelatih Indra Syafri.  Kemenangan ini mengakhiri panceklik prestasi Indonesia selama dua puluh tahun terakhir di Asia Tenggara. Skuat Garuda Muda dibentuk dari hasil  blusukan ke pelbagai kota di tanah air. KBR68H sempat    mengikuti proses pencarian pemain muda berbakat  yang dilakukan Indra dan kawan-kawan.

Belasan wartawan padati kamar salah satu hotel berbintang di bilangan Senayan, Jakarta.  Seorang pria berperawakan sedang dengan kumis melintang  duduk santai di depan para pewarta.

Pria 50 tahun tersebut Indra Syafri.  Ia tengah meladeni media yang ingin mewawancarai  setelah  pelatih kepala Tim Nasional Sepak Bola Usia di bawah 19 tahun ini  bersama Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil  meraih juara Piala Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara atau AFF U-19.

Pada Minggu (22/9) malam lalu, Timnas U-19 berhasil mengalahkan kesebelasan Vietnam lewat drama adu pinalti yang menegangkan dengan skor 7-6.

Sebelum lolos ke final, skuat “Garuda Muda” terlebih dulu mencukur Brunei 5-0. Menaklukan Burma 2-1. Ilham Udin Armayn dan kawan-kawan sempat ditaklukan anak-anak muda Vietnam dengan skor 1-2.  Tim Merah Putih kembali bangkit setelah menghempaskan tim kuat Thailand 3-1 dan menahan imbang musuh bebuyutan Malaysia 1-1.  Di babak semi final Garuda Muda berhasil melumat Timor Leste dengan skor 2-0. 

Indra Syafri banyak mengambil pelajaran dari turnamen internasional tersebut.  “Tentu banyak pengalaman yang kita dapat dari 7 kali pertandingan untuk pemain tentu sangat bermanfaat. Mereka bisa belajar dari pertandingan. Dan kami dari pelatih bisa juga belajar apa yang bisa kami perbaiki dan kemajuan sepak bola di ASEAN,” jelasnya. 

Pasca berjuang di turnamen Piala AFF U-19, tim asuhan Indra Sjafrie siap bertarung menghadapi  Korea Selatan, Laos dan Filipina di babak kualifikasi Piala Asia U-19 di Jawa Timur pada bulan depan. Menurut Indra Syafri, Timnas U-19 akan memanggil 11 pemain baru untuk mengikuti seleksi.  Indra menargetkan timnya bisa lolos ke putaran final yang akan digelar di Burma.  “Tentu semua sepakat ini punya momentum kita menjuarai Piala AFF untuk pemain dan pengurus PSSI sudah saatnya kita capai raihan lebih tinggi dan berprestasi lebih tinggi,” katanya optimistis.

Pembentukan Timnas U-19  tidak lepas dari tangan dingin Indra Syafri dan anggota timnya mencari pemain muda bertalenta di pelosok nusantara.



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA