cihui

Berburu Miniatur Kapal Khas Mojokerto

Berburu Miniatur Kapal Khas Mojokerto miniatur kapal batavia (foto: http://majamojokerto.com)
 
 

Kalau  ke Kota Mojokerto Anda bisa mendapatkan miniatur kapal tradisional sebagai oleh-oleh atau cinderamata, miniatur kapal itu beragam jenisnya, dan hampir semua perahu tradional Indonesia jaman dulu tersedia di Mojokerto.

Pelopor pembuat miniatur ini bernama  Juhari Witjaksono. Beliaulah yang pertama kali membuat Miniatur perahu tradional di kota Mojokerto yang akhirnya melahirkan seniman-seniman muda bermunculan, mereka kebanyakan berlatih pada Pak Juhari.

Tempat show room dan work shopnya terletak di Jl Brawijaya, kelurahan Miji kota Mojokerto. Studio pembuatan miniatur kapal layar yang diberi nama Sanggar Seni Bahari Tradisional atau yang disingkat dengan SSbt ini didirikan sejak tahun 1980.

Produk kapal yang dihasilkan oleh sanggar ini adalah kapal phinisi, Red Dragon, San Juan, Santa Maria Golden Hand, kapal Dewa Ruci, dan sebagainya. Produk tersebut berbahan baku kayu yang berkualitas tinggi diantaranya kayu jati dan kayu mahoni. Rancangan gambar dan bentuk kapal juga tidak sembarangan, melainkan telah melalui uji riset dan literatur sejarah.

Dari ratusan kapal yang di hasilkan bagi pak Juhari yang paling berkesan adalah miniature Kapal Spirit Majapahit. Karena kapal ini dialah yang menemukannya. Kapal ini merupakan kapal yang pernah ada di jaman Majapahit.

Miniatur perahu tradisonal karya Pak Juhari dan karyawannya ini jual dengan harga mulai dari Rp 50.0000,- hingga puluhan juta rupiah. Soal penjualan, tidak hanya wilayah Mojokerto saja, namun hampir seluruh Indonesia bahkan dunia.

Soal penghargaan yang Pak Juhari dapatkan sudah tidak terhitung jumlahnya, beragam piagam, juga piala dari berbagai pihak, baik pemerintah swasta maupun penghargaan dunia atas karyanya sebagai pengrajin dan juga pencinta kapal tradional tidak terhitung jumlahnya. Tertata rapi di rumahnya di Jln Brawijaya kota Mojokerto.

Sumber: Radio Maja Mojokerto 



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA