cihui

Kelok Sembilan ‘Sambut’ Lebaran

Kelok Sembilan ‘Sambut’ LebaranJalan layang (flyover) Kelok Sembilan atau Kelok 9 di Kabupaten 50 kota, Sumatera Barat Foto: Antara
 
 

KBR68H, Padang - Jalan layang (flyover)  Kelok Sembilan atau Kelok 9 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau, selama arus mudik dan arus balik Lebaran  mulai dioperasikan selama 15 hari.

Flyover Kelok 9, sepanjang sekitar dua ribu meter sudah selesai pengerjaan. Namun, setelah Lebaran akan ditutup kembali untuk melakukan pengujian, izin pengoperasian kelayakan jalan, dan melengkapi rambu rambu.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan, sebelum difungsikan secara penuh, flyover Kelok 9 akan diuji terlebih dahulu.

"Sekarang lagi di uji tim, ada rekomendasi yg harus diperbaiki, jadi masih soft launching, 1-2 minggu baru dinyatakan resmi. Umur jembatan sekitar 100 tahun tapi tergantung pemeliharaannya," jelas Djoko Murjanto di Padang.

Ia memperkirakan hasil uji kelaikan jalan akan segera kelar. Sehingga selang satu minggu seusai H plus 7 Idul Fitri, jalan bisa dilewati total oleh berbagai kendaraan.

Setelah 10 tahun pengerjaan flyover kelok 9 ini, direncanakan September atau Oktober tahun ini,  akan diresmikan penggunaaannya oleh Presiden SBY.

Dana Pembangunan flyover sekitar Rp 600 Milyar berasal dari dana APBN.
 
Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA