cihui

FSGI Dukung Lelang Jabatan Kepala Sekolah di DKI

FSGI Dukung Lelang Jabatan Kepala Sekolah di DKISejumlah peserta uji kompetensi lelang jabatan lurah dan camat mengikuti uji kompetensi lelang jabatan camat dan lurah secara online di SMAN 1 Jakarta, Sabtu (27/4). (Foto: ANTARA)
 
 

KBR68H, Jakarta - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mendukung rencana Pemerintah DKI Jakarta untuk melelang jabatan Kepala Sekolah.

Berdasarkan laporan yang diterima FSGI, pengangkatan kepala sekolah selama ini tidak transparan.

Sekjen FSGI Retno Listyarti mengatakan pengangkatan kepala sekolah selama ini mengandalkan kedekatan dengan kepala Dinas Pendidikan suatu daerah atau kepala sekolah sebelumnya.

Malahan tak jarang untuk menjadi seorang kepala sekolah harus memberikan uang ratusan juta rupiah.

“Kepala sekolah seringkali dipilih bukan karena kapasitas bukan karena kualitas, tetapi karena memiliki kedekatan dengan para pejabat dinas pendidikan. Bukan rahasia umum juga harus membayar dalam jumlah tertentu. Bahkan kisarannya bisa mencapai Rp 120 juta. Ini kalau dilelang secara terbuka bagus, selama ini guru-guru bagus dan guru yang kritis,” kaat Retno saat dihubungi KBR68H

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana melelang jabatan kepala sekolah. Selain kepala sekolah Jokowi juga berencana akan melelang jabatan untuk kepala Puskesmas.
Jokowi sebelumnya berhasil melakukan program lelang jabatan untuk jabatan camat dan lurah. Menurut bekas walikota Solo ini, lelang jabatan dapat menciptakan persaingan yang adil dan pemimpin yang berkualitas.

Editor: Agus Luqman



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA