Nusantara Jakarta

Didemo, Dishub DKI Tolak Tuntutan Sopir Metromini
Written By : Gungun Gunawan | 29 August 2013 | 13:28

KBR68H, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta enggan menuruti tuntutan para sopir bis Metromini yang berdemo. Kepala Bagian Angkutan Darat Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya tidak mungkin menurunkan syarat kelulusan uji KIR. 


Kata dia, sesuai dengan PP nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan, ada 9 item yang harus dilalui kendaraan saat uji KIR. Syafrin menambahkan, meski beberapa kelengkapan bis metromini sudah tidak diproduksi, tapi sebagian pengusaha Metromini masih dapat memenuhinya.


"Masih ada di antara operator Metromini ini yang dapat memenuhi kelaikan. Dan kami harapkan mereka itulah yang jadi contoh buat teman-teman yang demo saat ini. (Apa benar sudah tidak diproduksi?) Kalau itu mungkin karena kendaraan mereka kan sudah 20 tahun lebih. Tapi mereka masih bisa menggunakan jenis yang sama, tapi berbeda merk dan masih bisa digunakan dengan baik," kata Syafrin kepada KBR68H di Balaikota.


Syafrin Liputo menyanggah pernyataan demonstran soal jumlah bis metromini yang dikandandangkan. Kata dia, jumlah bis metromini yang dikandangkan sekitar 150 bis, 50 di antaranya sudah dilepaskan lagi. 


Kamis (29/8) pagi, seratusan sopir dan pengusaha bis metromini berdemo di depan gedung Gubernur DKI. Mereka meminta Jokowi melepaskan sekitar 300 unit bis metromini yang dikandangkan.


Editor: Antonius Eko 



Share : Facebook | Twitter | Mail