Nusantara Jawa dan Bali

Tekan Golput, KPU Kudus Sosialisasi di Rutan
Written By : Pas FM Pati | 06 May 2013 | 16:39

KBR68H, Kudus- Seratus lebih warga binaan Rumah Tahanan Negara Kudus menerima sosialisasi Pemilihan Bupati dan Gubernur Jawa Tengah yang berlangsung Mei mendatang.

Anggota KPU Kudus Eni Misdayani mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk meminimalisir jumlah golput pada Pilkada mendatang. Selain di Rutan KPU juga telah banyak melakukan sosialisasi di tempat lain seperti sekolahan, kampus, berbagai diskusi bahkan blusukan ke pasar tradisional dengan pengamen.

"Angka golput pemilihan bupati 5 tahun lalu mencapai 44 persen, sedangkan golput pada pemilihan gubernur sebesar 69 persen," ujarnya. Namun pada pelaksanaaan Pilkada Mei mendatang KPU Kudus optimistis partisipasi masyarakat meningkat.

Sementara itu staf registrasi pelayanan tahanan Rutan Kudus Hermawan mengatakan, saat ini jumlah penghuni rutan yang mempunyai hak pilih sebanyak 125 orang, terdiri dari 86 orang warga Kudus yang punya hak pilih Pilbup dan Pilgup. Sementara, dan 36 orang warga luar kudus yang mempunyai hak pilih Pilgup saja.

"Angka ini masih berubah sebab hampir setiap hari ada penghuni yang keluar maupun masuk rutan," katanya di sela-sela sosialisasi.

Sosialisasi di Rutan ini mendapat sambutan baik dari para penghuni, Aris Wahyono, seorang penghuni rutan mengatakan sosialisasi ini sangat penting karena selama di dalam tidak bisa mendapat akses informasi.

"Nanti saya pasti nyoblos mas, sayang kalau tidak dipakai hak pilihnya" katanya bersemangat.

Kabupaten Kudus menggelar pemilihan Bupati dan Gubernur secara bersamaan tanggal 26 Mei mendatang.(Ahmad Rodli)

Sumber: Pas FM Pati

Share : Facebook | Twitter | Mail