cihui

Arkeolog Temukan Perkakas Manusia Purba di Tulungagung

Arkeolog Temukan Perkakas Manusia Purba di TulungagungIlustrasi: Sejumlah warga melihat konstruksi bangunan peninggalan purbakala. Foto: Antara
 
 

KBR68H, Tulungagung - Para arkeolog menemukan seratusan benda-benda purbakala yang diperkirakan merupakan peninggalan zaman neolitikum di situs prasejarah Song Gentong Desa Besole, Tulungagung, Jawa Timur.

Benda-benda tersebut ditemukan para arkeolog dari Universitas Airlangga Surabaya dan UGM Yogyakarta setelah melakukan penggalian.

Arkeolog UGM, Agus Tri Haskaryo mengatakan, untuk mengetahui secara pasti, penemuan ini akan diteliti kembali di laboratorium.

"Alat-alat batu sebagai perkakas manusia purba, seperti kerang, alat tulang, kemudian lancipan tulang, batu pemukul, ada juga alat servis serut dari rijang, itu merupakan satu bukti bahwa di sini pernah ditinggali oleh manusia prasejarah. Kalau usia kami belum tahu, karena kami tidak melakukan penelitian secara absolut, perkirakaan saja dilihat dari budayanya adalah neolitik," kata Arkeolog UGM, Agus Tri Haskaryo.

Agus Tri Haskaryo menambahkan, pada penelitian sebelumnya, sejumlah arkeolog juga berhasil menemukan fosil gigi yang diyakini milik manusia purba. Kata dia, hasil temuan benda prasejarah itu rencananya juga akan dipamerkan di balai desa setempat sebagai sarana pendidikan masyarakat.

Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA