cihui

Delapan Caleg Rembang Tak Penuhi Syarat

 Delapan Caleg Rembang Tak Penuhi Syarat Dua komisioner KPU Kab. Rembang memeriksa persyaratan bakal Caleg. (foto: R2B Rembang)
 
 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang menyatakan delapan orang bakal calon legislatif tidak memenuhi syarat.

Penyebabnya beragam, yakni ada bakal Caleg masih aktif duduk sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian hanya mencantumkan nama tanpa menyertakan berkas persyaratan, menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) sudah kadaluwarsa, faktor ijazah dan ada pula yang terbentur syarat kesehatan.

Masalah itu terungkap saat kegiatan penyerahan berita acara hasil perbaikan berkas bakal Caleg, sekaligus pengumuman nama yang lolos masuk daftar caleg sementara (DCS) kepada partai politik, di kantor KPU Rembang.

Kedelapan bakal Caleg yang tidak memenuhi syarat, tujuh orang diantaranya berasal dari Partai Gerindra. Sedangkan sisanya bakal Caleg PKB. Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kab. Rembang, Ismail Husnan menjelaskan jika sebelumnya jumlah bakal Caleg 464 orang, sekarang tinggal 456 orang.

Ismail Husnan menambahkan dari jumlah Daftar Caleg Sementara tersebut, 10 orang dinyatakan belum memenuhi syarat, yakni Partai Nasdem 2 orang, Gerindra 3 orang, Demokrat 1 orang, PPP 3 orang, PKB 1 orang dan Partai Hanura 1 orang.

Status belum memenuhi syarat disebabkan belum adanya surat dari pejabat yang berwenang, karena masih berstatus sebagai anggota DPRD yang pindah partai politik, kepala desa dan pegawai negeri sipil. Namun mereka masih diberikan batas waktu, paling lambat tanggal 01 Agustus 2013, untuk melengkapi.

Sumber: radio R2B Rembang 

Editor: Antonius Eko



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA