Nusantara Jawa dan Bali

Masyarakat Bisa Intip Kinerja Anggota Dewan Bantul
Written By : radio star jogja | 23 July 2013 | 17:56

KBR68H, Bantul - Kinerja wakil rakyat Bantul, Yogyakarta bakal bisa dilihat masyarakat luas secara terbuka. Badan Kehormatan (BK) DPRD Bantul sedang mengevaluasi kinerja wakil rakyat dari tingkat kehadiran di kantor.

“Absensi sudah selesai kami telaah. Akan kami sampaikan hasilnya ke pimpinan fraksi,” terang Ketua BKD DPRD Bantul, Ichwan Tamrin.

Targetnya, hasil evaluasi BK DPRD ini akan rampung sebelum memasuki liburan hari raya. “Ini bentuk tanggung jawab BK pada masyarakat,” ujar Tamrin.

Menurut dia, evaluasi ini bukan bermaksud menjatuhkan anggota dewan. Apalagi menjelang pemilu, banyak di antara wakil rakyat incumbent nyalon lagi. Namun langkah ini merupakaan pertanggungjawaban moral BK kepada publik.

Tamrin mengakui dari 45 anggota dewan, ada beberapa yang sering membolos mengikuti agenda kegiatan yang telah ditetapkan. “Tapi tunggu semuanya selesai kami lakukan penyerahan ke pimpinan,” tambahnya.

Menyikapi hal ini Masyarakat Transparansi Bantul (MTB) Rino Caroko mengapresiasi langkah BK Dewan Bantul. Menurutnya laporan kehadiran wakil rakyat harus terbuka diketahui publik.

Sumber: radio Star Jogja

Editor: Antonius Eko 

Share : Facebook | Twitter | Mail