cihui

Sejumlah Kabupaten di Jateng Alami Kekeringan

Sejumlah Kabupaten di Jateng Alami KekeringanSejumlah pekerja menyambung pipa air dari mata air di kaki Gunung Semeru menuju kawasan perkotaan, di desa Wringinanom, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/8). Penyambungan pipa sejauh lebih dari dua kilometer tersebut untuk menambah pasokan air sebagai antisipasi kekurangan air saat musim kemarau. (Foto:Antara)
 
 

KBR68H - Sejumlah kabupaten di Jawa Tengah Bagian Timur mulai mengalami kekeringan. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Sarwa Permana mengatakan, kekeringan itu masih dapat diatasi oleh BPBD tingkat kabupaten. Kata dia daerah yang mengalami kekeringah di antaranya adalah Blora dan Grobogan.


"Kekeringah di dusun-dusun belum sampai minta ke provinsi. Ada permintaan cuma masih ditangani kabupaten. Kita ada dana Rp 2,5 miliar untuk persediaan air bersih. Kalau keadaan sudah mendekati, kita proses seminggu bisa turun dananya," ungkap  Sarwa Permana ketika dihubungi KBR68H.

Dia menambahkan, BPBD provinsi belum menerima prediksi kekeringan akan memburuk. Sebab, perubahan iklim mengakibatkan cuaca tidak teratur. Bahkan daerah Jawa Tengah bagian selatan masih memiliki curah hujan cukup tinggi.


Editor:Taufik Wijaya



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA