cihui

BMKG: Suhu Panas di Jogja Masih Wajar

BMKG: Suhu Panas di Jogja Masih Wajar Ilustrasi. (commons.wikimedia)
 
 

KBR68H, Yogyakarta– Suhu panas yang terjadi di wilayah DIY terutama pada siang hari dinilai Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih dalam batas normal.

Kasi Data dan Informasi BMKG DIY, Tony Agus Wijaya mencatat suhu udara maksimum mencapai 33 derajat celcius. Menurutnya, suhu udara itu termasuk normal karena saat ini memang musim kemarau.

Jika saat ini masyarakat merasakan suhu yang terasa panas, menurut Agus, itu fenomena wajar karena dalam beberapa bulan terakhir DIY mengalami cuaca mendung.

Akibatnya, masyarakat akan merasakan perubahan signifikan pada tubuhnya ketika terjadi panas. Suhu panas ini diperkirakan akan terjadi hingga musim penghujan, Oktober mendatang.

“Agustus kan musim kemarau. Tapi karena ada gangguan cuaca yang sering mendung itu berpengaruh pada tubuh,” kata Agus.

Pada 2013, lanjut Agus, memang terjadi peningkatan suhu air laut. Bulan ini seharusnya sudah puncak kemarau tetapi DIY terutama sore hari cuaca sering berawan.

Saat ini, lanjutnya, suhu udara minimum mencapai 19 derajat celcius sehingga terasa dingin pada malam hari.

Sumber: Radio Star Jogja FM

Editor: Suryawijayanti 



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA