cihui

Tingkatkan Keanekaragaman Spesies dengan Apartemen Ikan

Tingkatkan Keanekaragaman Spesies dengan Apartemen IkanIlustrasi (Foto: Antara)
 
 

KBR68H, Jakarta - Apartemen Ikan di Selat Bali diklaim meningkatkan jumlah keanekaragaman spesies ikan. Ketua Kelompok Nelayan Ikan Hias Samudra Bakti di Banyuwangi, Jawa Timur Ikhwan Arief mengatakan, penenggelaman pengganti terumbu karang tersebut mendatangkan ikan dari luar wilayah. Dengan begitu, nelayan ikan hias dapat mempersingkat jarak jelajah untuk mencari tangkapan mereka.

"Ada beberapa spesies ikan yang sudah sulit ditemui di selat Bali sehingga bagi penangkapan ikan hias untuk mendapatkan spesies ikan hias itu harus ke ke luar daerah atau luar provinsi. Namun, setelah 2008 kita adakan zona perlindungan dan pola tangkap yang ramah lingkungan di sekitar sela Bali, spesies itu sudah ada lagi," ujar Ketua Kelompok Nelayan Ikan Hias Samudra Bakti Ikhwan Arief dalam program Sarapan Pagi KBR68H, Kamis (02/01).

Senin lalu, kelompok nelayan Samudera Bakti bersama Dinas Kelautan Banyuwangi dan Jawa Timur menenggelamkan 340 apartemen ikan dan 8 modul di wilayah perairan Pantai Bangsring. Penenggelaman ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan di wilayah itu. Tindakan itu mengakibatkan peningkatan terumbu karang dari 12% pada 2008 menjadi sekitar 80% pada akhir tahun 2012.

Editor: Doddy Rosadi




PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA