cihui

MK Gelar Sidang Gugatan Pilkada NTT Besok

MK Gelar Sidang Gugatan Pilkada NTT BesokSidang Gugatan Pilkada di MK - Ilustrasi (FOTO: Antara)
 
 

KBR68H, Kupang - Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menggelar sidang gugatan hasil Pemilu Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) besok. Sebelumnya, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Esthon - Palu menggugat hasil Pilkada yang memenangkan Frans Lebu Raya - Beni Litelnoni. Mereka menuding KPU NTT telah bekerjasama melakukan kecurangan. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Yohanes Depa mengatakan, jadwal tersebut diperoleh KPU langsung dari Mahkamah Konstitusi.

"Kami dapat berita bahwa persidangan pertama dimulai tanggal 17 Juni 2013. Untuk publik ketahui, biasanya begitu sidang pertama tanggal 17, berarti 14 hari kedepan, keputusan MK terjadi. 14 hari kerja dalam ruang waktu itu, keputusan MK sudah harus terjadi. Jadi paling lama, 14 hari kerja tidak dihitung hari libur ya,,, hari kerja, itu keputusan MK harus terjadi. Paling lambat 4 Juli. Sampai sekarang ya... seharusnya publik menghormati keputusan KPU Provinsi."

Ketua KPU NTT, Yohanes Depa menambahkan, lembaganya telah menyiapkan berbagai bukti untuk menghadapi gugatan Esthon - Paul di Mahkamah Konstitusi (MK). Bukti yang disiapkan, diantaranya adalah formulir penghitungan suara yang berasal dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dia menegaskan, KPU NTT tetap pada keputusan hasil pleno rekapitulasi dan penetapan hasil yang digelar 1 Juni lalu. Sebelumnya, KPU NTT menetapkan pasangan Frans Lebu Raya - Beni Litelnoni sebagai gubernur dan wakil gubernur NTT terpilih. Pasangan ini meraih satu juta lebih suara atau sekitar 51,25%. Sementara, pasangan lain Esthon L Foenay - Paul Edmundus Tallo meraih 48,75% suara.


Editor: Fuad Bakhtiar



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA