Nusantara Papua

Bupati Nabire Tuding Wakilnya Rusak Kantor Keuangan Daerah
Written By : Andi Iriani | 15 November 2012 | 10:53

KBR68H, Jayapura Bupati Nabire, Isaias Douw menyerahkan kasus pengrusakan dan pemalangan kantor Keuangan Daerah kepada Kepolisian. Pemalangan dan pengrusakan itu diduga dilakukan wakilnya, Mesak Magai Senin lalu. Bupati Nabire, Isais Douw mengatakan, Mesak Magai merusak kantor Keuangan daerah sebagai protes minimnya kewenangan yang diberikan kepadanya. Menurut Bupati, ini terjadi karena wakilnya itu tidak memahami tugas dan fungsi wakil bupati, sebagai mana diatur dalam peraturan pemerintahan daerah. Oleh sebab itu kata dia, kepolisian berkewenangan untuk memeriksa wakilnya itu.

Itu hanya belum mengerti undang undang 32 tentang pembagian tugas. Suatu daerah kan masing masing punya aturan, jadi wakil mau supaya wakil ada bagian. Nah, jadi padahal punya diatur undang undang. Trus masalah kerusakan diatur dalam hal ini pihak kepolisian ujar Isaias.

Sebelumnya, pada Senin lalu, kantor keuangan Nabire, dirusak dan dipalang oleh Wakil Bupati, Mesak Magai bersama sejumlah warga. Mereka menuntut adanya perubahan dalam pengelolaan birokrasi kabupaten Nabire. Diantaranya, soal kewenangan wakil bupati dan para pimpinan SKPD. Menurut mereka, selama ini kewenangan tersebut telah diambil alih oleh Bupati.

Share : Facebook | Twitter | Mail