cihui

BPBD: Longsor di PT Freeport Kemungkinan Karena Kecelakaan Kerja

 BPBD: Longsor di PT Freeport Kemungkinan Karena Kecelakaan KerjaIlustrasi: Longsor. (foto: ANTARA)
 
 

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Papua menduga longsor yang terjadi di PT Freeport akibat kecelakaan kerja. Kepala BPBD Papua Didi Agus Prihatno mengatakan, lokasi longsor berada di areal pertambangan Freeport. Saat ini pihaknya belum menerjunkan tim untuk membantu evakuasi korban. Tim akan diterjunkan bila longsor itu berdampak bagi masyarakat di sekitar areal pertambangan Freeport.

"Ini kecelakaan kerja bukan bencana. Mengapa? Kalau bencana longsor tadi mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat di sana. Ini masuk kategori ulah manusia. Bencana adalah rangkaian kejadian yang disebabkan alam dan manusia. Jadi ini (longsor di Freeport-red) adalah ulah manusia. Boleh dikata ini adalah kecelakaan teknologi yang sebabkan kecelakaan kerja," ujar Kepala BPBD Papua Didi Agus Prihatno saat dihubungi KBR68H, Selasa (14/5)

Kepala BPBD Papua Didi Agus Prihatno menambahkan, pihaknya siap menerjunkan tim untuk membantu evakuasi korban longsor jika diminta PT Freeport. Sementara itu, PT Freeport belum memastikan jumlah korban yang tertimbun di areal pertambangan. Longsor itu terjadi pagi tadi di terowongan area Big Gossan Mil 74. Tim gabungan dari Freeport dan rumah sakit setempat tengah mengevakuasi korban.

Editor: Doddy Rosadi



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA