cihui

Wah! DPR Klaim Layak 30 Usulan Pemekaran Daerah di Papua

Wah! DPR Klaim Layak 30 Usulan Pemekaran Daerah di Papua Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik-Basik. Foto: Khatarina Lita
 
 

KBR68H, Jayapura -  DPR memprioritaskan 30 daerah usulan pemekaran kabupaten baru di Papua.

Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik-Basik menuturkan, dari 70-an usulan pemekaran kabupaten dan 7 usulan pemekaran provinsi, hanya 30 usulan pemekaran baru yang diklaim layak untuk dimekarkan.

“Itu terutama peninggalan yang dari itu yang dari  2004-2009, ya di dalamnya ada Grimenawa, ada Papua Selatan, ada Muyu, ada Papua Tengah, ada Papua Barat Daya, kemudian ada Malamoy, kemudian ada Maybrat Selatan, itu yang peninggalan dari periode 2004, itu yang kita yang utamakan dan memang  hampir sudah selesai dia punya persyaratan,” jelas Agustina Basik-Basik.

Soal tenggat waktu kelarnya proses pemekaran daerah itu, ia berharap sebelum Pemilu 2014 sudah bisa tuntas.

“Kami kejar, mudah-mudahan tidak sebelum pemilu,” tambah Agustina.

Sebelumnya DPR Papua mengklaim tahun ini ada lebih dari 20-an usulan daerah baru untuk  kabupaten dan provinsi yang masuk. Namun pihaknya belum dapat memberikan rekomendasi mengenai daerah usulan itu. Sebab, pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran. (Katharina Lita)

Editor: Anto Sidharta



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA