cihui

Warga di Sungai Tondano Manado Dipindah

Warga di Sungai Tondano Manado DipindahWarga Manado (Antara)
 
 

KBR68H, Manado - Pemerintah bakal merelokasi warga di bantaran Aliran Sungai Tondano dan sejumlah sungai lainnya di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Koordinasi Kesejahteraan Sosial Agung Laksono mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mencegah banjir kembali terjadi. Rencananya pembangunan tanggul yang lebih tinggi akan segera dilakukan.

“Kedepan penguatan kapasitas danau Tondano dibuat tinggi tanggul 1 meter. Rencana tahun depan sehingga air itu bisa di simpan dulu di sana dan ada pintu-pintu air kemudian ada waduk saya kira itu bisa menambah kapasitas untuk menahan air. Lalu daerah aliran sungai akan di perbaiki terutama yang tinggal di daerah bantaran perlu di relokasi,” jelas Agung Laksono.

Menteri Koordinasi Kesejahteraan Sosial Agung Laksono menambahkan, dana pembangunan dan relokasi akan diambil dari APBN dan dibantu dengan APBD Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Masyarakat juga dihimbau agar tidak tinggal di daerah bantaran sungai. Pekan lalu, banjir dan tanah longsor menerjang 8 kabupaten/ kota di Sulawesi Utara diantaranya Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kabupaten Minahasa. Akibat bencana tersebut 18 orang tewas dan ratusan lainnya terkena berbagai macam penyakit.

Editor: Pebriansyah Ariefana



PortalKBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

DARI INDONESIA